”KONSEP SILABUS KTSP”
1. Garis besar,
ringkasan, ikhtisar, pokok-pokok isi/materi pembelajaran
2. Salah satu produk
pengembangan kurikulum dan perkuliahan yang berisikan garis-garis besar
kegiatan pembelajaran
3. Menjawab
pertanyaan apa yang akan diajarkan
(Standar
Kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran)
4. Memberikan
rambu-rambu bagaimana mengajarkannya (Pengalaman Belajar, Alokasi Waktu, dan
Sumber Bahan )
PRINSIP
DAN PROSEDUR
PENGEMBANGAN
SILABUS
A.
PRINSIP PENYUSUNAN SILABUS
1.
Ilmiah
2.
Sesuai kondisi
siswa
3.
Sistematis
4.
Relevansi
5.
Konsistensi
6.
Kecukupan antar
komponen silabus
B.
PROSEDUR
PENGEMBANGAN SILABUS
1. Menentukan STANDAR KOMPETENSI
2. Menguraikan
standar kompetensi menjadi
3. Menjabarkan kompetensi dasar menjadi
4. Menentukan PENGALAMAN BELAJAR
5. Menentukan prakiraan
ALOKASI WAKTU
6. Memilih SUMBER BAHAN
MEKANISME PENYUSUNAN
SILABUS
PUSAT MENENTUKAN:
1. STANDAR KOMPETENSI
DAN KOMPETENSI DASAR
2.
PEDOMAN UMUM
DAN PEDOMAN KHUSUS
DAERAH/SEKOLAH:
Mengembangkan
silabus (guru bidang studi) dan sistem penilaian berbasis kompetensi.
KOMPONEN SILABUS DAN SISTEM
PENILAIAN
i. IDENTITAS :
Nama
Sekolah :
Nama Mata
Pelajaran :
Semester/Kelas :
Waktu :
Guru :
ii. STANDAR
KOMPETENSI:
b. Kebulatan
pengetahuan, keterampilan, dan sikap, dan tingkat penguasaan yang diharapkan
dicapai dalam mempelajari suatu mata pelajaran
c.
Cakupan
standar kompetensi
1.
Standar isi (content standart)
2.
Standar penampilan (Performance standart)
C.
KOMPETENSI
DASAR:
1.
Merupakan jabaran dari standar kompetensi
2. Pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus
dikuasai dan dapat diperagakan oleh siswa
D.
INDIKATOR:
Karakteristik, ciri-ciri, tanda-tanda,
perbuatan, atau respon yang harus dilakukan atau ditampilkan oleh siswa, untuk menunjukkan
bahwa siswa itu telah memiliki kemampuan dasar tertentu.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN:
adalah pokok-pokok materi yang harus
dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar
JENIS:
1. Pengetahuan, keterampilan, sikap
2. Fakta, konsep, prinsip, prosedur
URUTAN:
1.
Prosedural
2.
Hirarkhis
3.
Kombinasi
F.
PENGALAMAN
BELAJAR
1. Menunjukan aktivitas belajar yang dilakukan
siswa dalam berinteraksi dengan objek belajar untuk mencapai kompetensi dasar
2.
Pengalaman
belajar dapat dipilih sesuai dengan kompetensinya, dapat dicapai dalam kelas
dan di luar kelas
3. Bentuk:
Mendemontrasikan, mempraktikkan, mensimulasikan, mengadakan eksperimen,
menganalisis, mengaplikasikan, menemukan, mengamati, meneliti, menelaah, dan
mendeskripsikan.
G.
JENIS TAGIHAN
1.
Tagihan
adalah bentuk ulangan atau ujian untuk menunjukan tingkat kemampuan siswa dalam
mata pelajaran tertentu.
2.
Jenis
tagihan dapat berupa tes formatif maupun tes sumatif. Bentuk tagihan dapat
berupa:
a.KUIS
Pertanyaan singkat bentuk lisan
yang diberikan pada awal pelajaran untuk mengetahui penguasaan pelajaran
sebelumnya.
b. PERTANYAAN
LISAN
Pertanyaan lisan digunakan untuk menguji penguasaan kompetensi kognitif.
Pertanyaan yang diberikan berkaitan dengan tingkat berpikir rendah seperti
pengenalan, pemahaman.
c. ULANGAN
HARIAN
Dilakukan secara periodik setiap selesai pelajaran. Bentuk soal sebaiknya
uraian objektif atau non objektif.
d. TUGAS
INDIVIDU
Dapat diberikan pada
setiap minggu dengan bentuk soal uraian objektif dan non objektif.
e. TUGAS
KELOMPOK
Untuk menilai kerja
kelompok, bentuk soal uraian tingkat berpikir tinggi dari aplikasi sampai
evaluasi.
3. BENTUK
SOAL
a. PERTANYAAN
LISAN
b. PILIHAN
GANDA
c. MENJODOHKAN
d. URAIAN
OBJEKTIF
(Objektif artinya penskoran oleh siapapun sama)
e. URAIAN
NON OBJEKTIF
(Penskoran
dipengaruhi subjektifitas penilai)
f. JAWABAN
SINGKAT/ISIAN SINGKAT
g. TES
UNJUK KERJA (PERFORMANS)
(Mengukur
kemampuan melakukan tugas lab, berkarya seni, mencipta)
h. PORTOFOLIO
§ Kumpulan pekerjaan siswa yang menunjukkan
prestasinya.
§ Dukumen proses berkarya siswa, sebagai
pertanggungjawaban berkarya siswa.
§ Portofolio suatu metode pengukuran dng
melibatkan siswa untuk menilai kemajuannya.
f. ALOKASI WAKTU
Alokasi waktu pembelajaran suatu
kompetensi dasar tertetu diperhitungkan berdasarkan analisis dan atau
pengalaman penggunaan jam pembelajaran untuk mencapai suatu kemampuan dasar di
kelas
g.SUMBER BAHAN
UTAMA:
h.
Buku teks dan
buku kurikulum, jurnal, hasil penelitian, terbitan berkala, dukumen negara,
dll.
i. LAINNYA:
Referensi/literatur, buku
0 comments: