Silabus KTSP
9:45:00 AM | Author: Unknown

”KONSEP SILABUS KTSP”

1. Garis besar, ringkasan, ikhtisar, pokok-pokok isi/materi pembelajaran

2. Salah satu produk pengembangan kurikulum dan perkuliahan yang berisikan garis-garis besar kegiatan pembelajaran

3. Menjawab pertanyaan apa yang akan diajarkan
(Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran)

    4.  Memberikan rambu-rambu bagaimana mengajarkannya (Pengalaman Belajar, Alokasi Waktu, dan Sumber Bahan )






PRINSIP DAN PROSEDUR
PENGEMBANGAN SILABUS


A.   PRINSIP PENYUSUNAN SILABUS
1.        Ilmiah
2.        Sesuai kondisi siswa
3.        Sistematis
4.        Relevansi
5.        Konsistensi
6.        Kecukupan antar komponen silabus


B.   PROSEDUR PENGEMBANGAN SILABUS

1. Menentukan STANDAR KOMPETENSI

2. Menguraikan standar kompetensi menjadi  

3. Menjabarkan kompetensi dasar menjadi

4. Menentukan PENGALAMAN BELAJAR

5. Menentukan prakiraan ALOKASI WAKTU

6. Memilih SUMBER BAHAN



MEKANISME PENYUSUNAN SILABUS


PUSAT MENENTUKAN:
1. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
2. PEDOMAN UMUM DAN PEDOMAN KHUSUS



DAERAH/SEKOLAH:
Mengembangkan silabus (guru bidang studi) dan sistem penilaian berbasis kompetensi.






 

KOMPONEN SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN


      i.    IDENTITAS                    :
Nama Sekolah               :
Nama Mata Pelajaran    :
Semester/Kelas            :
Waktu                          :
Guru                             :

    ii.    STANDAR KOMPETENSI:
b. Kebulatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, dan tingkat penguasaan yang diharapkan dicapai dalam mempelajari suatu mata pelajaran

c. Cakupan standar kompetensi
1. Standar isi (content standart)
2. Standar penampilan (Performance standart)

C.       KOMPETENSI DASAR:
1. Merupakan jabaran dari standar kompetensi
2. Pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dikuasai dan dapat diperagakan oleh siswa




D.       INDIKATOR:                
Karakteristik, ciri-ciri, tanda-tanda, perbuatan, atau respon yang harus dilakukan atau ditampilkan oleh siswa, untuk menunjukkan bahwa siswa itu telah memiliki kemampuan dasar tertentu.


E.        MATERI PEMBELAJARAN:
adalah pokok-pokok materi yang harus dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar

JENIS:
1.   Pengetahuan, keterampilan, sikap
2.   Fakta, konsep, prinsip, prosedur

      URUTAN:
1.        Prosedural
2.        Hirarkhis
3.        Kombinasi









F.        PENGALAMAN BELAJAR
1. Menunjukan aktivitas belajar yang dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan objek belajar untuk mencapai kompetensi dasar

2.    Pengalaman belajar dapat dipilih sesuai dengan kompetensinya, dapat dicapai dalam kelas dan di luar kelas

3. Bentuk:
Mendemontrasikan, mempraktikkan, mensimulasikan, mengadakan eksperimen, menganalisis, mengaplikasikan, menemukan, mengamati, meneliti, menelaah, dan mendeskripsikan.


 
G.   JENIS TAGIHAN
1.    Tagihan adalah bentuk ulangan atau ujian untuk menunjukan tingkat kemampuan siswa dalam mata pelajaran tertentu.

2.    Jenis tagihan dapat berupa tes formatif maupun tes sumatif. Bentuk tagihan dapat berupa:




a.KUIS
Pertanyaan singkat bentuk lisan yang diberikan pada awal pelajaran untuk mengetahui penguasaan pelajaran sebelumnya.

b.    PERTANYAAN LISAN
Pertanyaan lisan digunakan untuk menguji penguasaan kompetensi kognitif. Pertanyaan yang diberikan berkaitan dengan tingkat berpikir rendah seperti pengenalan, pemahaman.

c. ULANGAN HARIAN
Dilakukan secara periodik setiap selesai pelajaran. Bentuk soal sebaiknya uraian objektif atau non objektif.

d.    TUGAS INDIVIDU
Dapat diberikan pada setiap minggu dengan bentuk soal uraian objektif dan non objektif.

e.    TUGAS KELOMPOK
Untuk menilai kerja kelompok, bentuk soal uraian tingkat berpikir tinggi dari aplikasi sampai evaluasi.




3.    BENTUK SOAL

a.    PERTANYAAN LISAN

b.    PILIHAN GANDA

c.     MENJODOHKAN

d.    URAIAN OBJEKTIF
(Objektif artinya penskoran oleh siapapun sama)

e.    URAIAN NON OBJEKTIF
(Penskoran dipengaruhi subjektifitas penilai)

f.      JAWABAN SINGKAT/ISIAN SINGKAT

g.    TES UNJUK KERJA (PERFORMANS)
(Mengukur kemampuan melakukan tugas lab, berkarya seni, mencipta)

h.    PORTOFOLIO
§  Kumpulan pekerjaan siswa yang menunjukkan prestasinya.
§  Dukumen proses berkarya siswa, sebagai pertanggungjawaban berkarya siswa.
§  Portofolio suatu metode pengukuran dng melibatkan siswa untuk menilai kemajuannya.

f.  ALOKASI WAKTU

Alokasi waktu pembelajaran suatu kompetensi dasar tertetu diperhitungkan berdasarkan analisis dan atau pengalaman penggunaan jam pembelajaran untuk mencapai suatu kemampuan dasar di kelas

g.SUMBER BAHAN

   UTAMA:

h.            Buku teks dan buku kurikulum, jurnal, hasil penelitian, terbitan berkala, dukumen negara, dll.

i.  LAINNYA:

 Referensi/literatur, buku

|
This entry was posted on 9:45:00 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: